Hemat Listrik Untuk Hemat Pengeluaran

Hemat Listrik Untuk Hemat Pengeluaran

Oleh: Intern | Senin, 26 Oktober 2020 - 15:55 WIB

Salah satu keluhan yang muncul ketika Work From Home (WFH) adalah meningkatknya jumlah pengeluaran untuk membayar listrik. Penggunaan alat elektornik seperti computer atau laptop, AC atau kipas secara non-stop saat WFH menjadi penyebab utamanya. Tapi ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Simak tipsnya dibawah ini, yuk!

 

Pertama, selalu biasakan untuk mencabut  colokan elektronik yang telah selesai digunakan. Misalnya, cabut colokan listrik ketika battery laptop sudah penuh atau mencabut colokan diffuser ketika sudah tidak digunakan. Karena walaupun tidak digunakan, namun daya listrik akan tetap menaglir jika colokan tidak dicabut.

 

Kedua, gunakan lampu LED! Lampu yang dapat bertahan hingga 20.000 jam ini  bisa menghemat energi 80% hingga 90% dibandingkan dengan bohlam lampu biasa namun tetap memiliki penerangan yang maksimal.

 

Ketiga, udara yang panas akan mempengaruhi  mood kamu ketika WFH. Namun, jangan sampai penggunaan AC Anda menjadi tidak terkontrol, ya! Coba untuk mengatur jadwal penggunaan AC, menggunakan timer, atau atur suhu sekitar 22 -25 derajat celcius. Perlu diingat bahwa semakin rendah suhu yang Anda gunakan, sekakin besar juga daya yang digunakan.

 

Keempat, biasakan untuk mematikan beberapa alat elektronik seperti televisi atau lampu yang tidak digunakan sebelum Anda tidur.

 

Kelima, sesuaikan isi kulkas. Faktanya, isi kulkas yang terlalu kosong atau terlalu penuh tidak baik karena akan membuat mesin kulkas bekerja lebih keras untuk menyesuaikan suhu di dalamnya. Membuka tutup kulkas juga mempengaruhi tagihan listrik Anda, loh! Sebab setelah dibuka maka kulkas akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan suhunya kembali.

 

Source: https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/6/2020/20299/8-cara-mudah-menghemat-listrik-agar-tagihan-tidak-membengkak

berita lainnya

Sentra Timur Superblock Pelopor Kawasan Terintegrasi di Jakarta Timur
Sentra Timur Superblock Pelopor Kawasan Terintegrasi di Jakarta Timur

Selasa, 11 Agustus 2020 - 14:53 WIB

menjadi pelopor berkembangnya kawasan terintegrasi di Jakarta Timur sejak tahun 2008

MENARA SAPPHIRE TARGETKAN TOPPING OFF NOVEMBER
MENARA SAPPHIRE TARGETKAN TOPPING OFF NOVEMBER

Senin, 17 Juli 2017 - 14:01 WIB

Sentra Timur, superblok yang dikembangkan oleh developer kerja sama operasional (KSO) antara Perum Perumnas…

Topping Off Sapphire Tower Residence Sesuai Jadwal
Topping Off Sapphire Tower Residence Sesuai Jadwal

Jumat, 24 Nopember 2017 - 21:17 WIB

Proyek Kerja Sama Operasi (KSO) antara Perum Perumnas bersama PT Bakrie Pangripta Loka hari ini melakukan…