Kompetisi Rebut Hati Pencari Properti

Stand Sentra Timur Residence Di Indonesia Properti Expo JCC Senayan

Kompetisi Rebut Hati Pencari Properti

Oleh: Rumah.com | Sabtu, 22 September 2018 - 15:40 WIB

RumahCom – Pameran properti hingga kini masih dianggap sebagai salah satu sarana promosi efektif yang bisa mendongkrak penjualan proyek hunian.

Mengingat biaya mengikuti pameran tidaklah sedikit, ada beberapa catatan yang sebaiknya dipahami pengembang agar keikutsertaannya tidak sia-sia.

 

Persiapan yang matang berpotensi menghasilkan penjualan yang bagus. Selain persiapan, ada beberapa hal yang harus dilakukan lagi seperti pada hari H dan melakukan follow up setelah pameran selesai.

 

Simak tips di bawah ini agar stan pameran ramai dan sukses mencatat penjualan signifikan.

 

1. Diisi Staf Berpengalaman

Siapakah yang akan menjaga stan selama pameran berlangsung? Jika membutuhkan tenaga penjualan seperti Sales Promotion Giril (SPG), pastikan mereka berpengalaman dan sudah diberi pelatihan (briefing) terlebih dahulu.

 

Staf yang ramah dan informatif bisa menarik pengunjung lebih banyak dan betah berlama-lama mampir di stan.

 

2. Konten Kreatif

Stan yang bagus tidak hanya diisi oleh dekorasi cerah dan visual yang menarik. Itu sebab, pengembang juga harus menyiapkan konten yang mudah dipelajari para pengunjung. Misalnya, dari video atau presentasi yang ditayangkan pada layar LCD atau dari selebaran brosur yang dibagikan.

 

Agar lebih menarik, buat permainan atau doorprize untuk pengunjung yang tertarik mendaftarkan diri untuk membeli unitnya (seperti NUP). Dan pastikan konten yang ditampilkan:

  • Fokus pada proyek properti yang dipasarkan
  • Tidak terlalu banyak gambar dan tulisan yang membingungkan untuk dibaca
  • Membuat pengunjung mendapat pengalaman melihat atau menonton video atau augmented reality proyek properti seperti berada di lokasi tersebut
  • Membagi konten ke beberapa bagian atau jenis media yang berbeda, misalnya proyek apartemen diilustrasikan pada gambar 3D sementara proyek perumahan dibuatkan replika/maket.

3. Gimmick Bagi Konsumen

Diskon, bonus, dan iming-iming lainnya adalah target utama yang dicari pengunjung saat datang ke pameran properti. Dan inilah yang selalu dihadirkan PT Permata Sakti Mandiri untuk memasarkan proyek apartemen Cimanggis City.

 

“Proyek kami mengincar konsumen yang merupakan pekerja muda dan milenial yang tengah mencari hunian pertamanya. Harganya saat ini masih Rp299 juta untuk tipe Studio dan hanya berlaku sampai akhir bulan ini. Di bulan depan, kami akan lakukan penyesuaian harga sehingga naik 7-8% dari harga terkini,” ujar Direktur Cimanggis City, Agus Susilo.

 

Gimmick lain yang dibawa Cimanggis City dalam ajang pameran properti Indonesia Property Expo 2018 adalah gratis biaya akad, serta hadiah berupa perhiasan emas dan umrah. Dari pameran, pengembang menargetkan revenue sebesar Rp15 miliar.

 

Adapun tipe hunian yang ditawarkan yaitu tipe 21 (studio) dan tipe 36 (2BR). Pengembang juga menggandeng Bank BTN dalam memberikan program free biaya KPA dengan bunga bank yang sangat rendah hanya sebesar 5,95% saja.

 

“Jika dihitung dengan Kalkulator KPA, apartemen tipe Studio bisa dicicil sekitar Rp2,5 jutaan per bulan. Sehingga tipe ini cocok bagi mereka yang punya gaji minimal Rp7 juta. Dari sisi penjualan, unitnya saat ini sudah terjual 65% dari 913 unit di tower pertama.” imbuh Agus.

 

Tak berbeda jauh, Sentra Timur Residence yang dikembangkan dari hasil Kerjasama Operasi (KSO) antara Perum Perumnas dengan PT. Bakrie Pangripta Loka, turut menghadirkan berbagai penawaran khusus kepada pengunjung di IPEX 2018.

 

Adalah promo DP 0 Rupiah dan gratis biaya KPA untuk pembelian unit eksklusif Sapphire Tower yang hanya tersisa kurang dari 10% saja dari 607 unit yang ada. Tipe Studio di tower ini dipasarkan dengan harga mulai Rp400 jutaan.

 

Berbicara kepada awak media, Ibah Djauhari selaku GM Sales Sentra Timur Residence mengatakan, “Pembelinya sendiri 70% berasal dari kelompok end user. Pangsa sewa sendiri cukup bagus di sini. Unit 2BR full furnish dipatok Rp3,5 juta sampai Rp4 jutaan. Sedangkan unit kosong disewakan di angka Rp2,5 juta hingga Rp3 jutaan bergantung pada posisi dan arah hadap.”

 

Melihat antusiasme konsumen yang masih besar, pihaknya sangat percaya diri untuk kembali melansir menara baru tahun ini. “Kami rencana launching tower kelima pada akhir tahun ini. Harganya kisaran Rp15 jutaan per meter persegi,” tukasnya.

 

Pada IPEX kali ini, Sentra Timur Residence menargetkan pendapatan sekitar Rp25 miliar di luar penjualan lainnya, dengan kisaran harga apartemen dan kios Rp400 juta sampai Rp800 jutaan per unitnya.

 

4. Melakukan tinjauan ulang

Setiap uang yang dikeluarkan untuk program pemasaran, tentunya harus mendapat tinjauan efektifitasnya. Pertama, hitung biaya keikutsertaan pameran dan bandingkan dengan nilai transaksi penjualan yang didapat.

 

Kedua, tanyakan ke pengunjung acara pameran mengenai apa yang mereka suka dan tidak suka selama acara berlangsung. Dari sana, pengembang harus mampu menganalisa dan bisa belajar dari pengalaman.

 

5. Catatan penting

Untuk sebagian besar pebisnis profesional, turut serta dalam pameran sebenarnya lebih kepada mencari pembeli prospektif ketimbang menemukan pembeli dan melakukan transaksi.

 

Jadi apabila closing penjualan pada acara pameran belum mencapai target, jangan khawatir! Perusahaan tetap mendapatkan branding positif dari media massa dan audien.

 

klik link url:

 

inapex.co.id Diskon Provisi 50%, KPA Express Wujudkan Apartemen di Jakarta
detik.com Mau Cari Rumah Nempel Stasiun? Besok Ada Pamerannya di JCC
rumah.com Kompetisi Rebut Hati Pencari Properti
propertynbank.com Sentra Timur Residence Targetkan 25 Miliar Rupiah Di IPEX 2018
Mediaindonesia.com Sentra Timur Residence Targetkan Rp25 Miliar di IPEX 2018
bisnis.com Perumnas Andalkan Proyak TOD
lamudi.co Sentra Timur Residence Tawarkan Promo DP 0 Rupiah di IPEX 2018
cnbcindonesia.com Ada Apartemen yang Cuma Selangkah ke Stasiun, Minat?
industry.co.id Hadir di IPEX 2018, Perumnas Andalkan Hunian Terintegrasi Transportasi
liputan6.com Apartemen DP 0 Rupiah, Siapa Tertarik?
republika.co Sentra Timur Residence Ramaikan IPEX 2018
bisnis.com IPEX 2018: Sisa 10%, Sentra Timur Residence Genjot Penjualan
indonesiahousing.co STR Bidik Transaksi Rp25 M di Ajang IPEX 2018
housingestate.id Sentra Timur Apartemen Pertama di Jakarta yang Sertifikat Sudah Dipecah
urbancity.id Target Transaksi STR di IPEX 2018 Rp25 M
Harian Sederhana SENTRA TIMUR RESIDENCE PUNYA AKSES TERBAIK
Investor Daily SENTRA TIMUR TARGETKAN PENJUALAN RP. 25 MILIAR  
rumahhokkie.com Sentra Timur Residence Pasarkan Hunian Berkualitas dengan Legalitas Jelas
Inapex.co.id Pagelaran IPEX 2018, Setra Timur Residence Targetkan Penjualan 25 Milyar
urbancity.id Sentra Timur Residence Optimis Target Rp25 miliar
republika.co.id BPL Tawarkan Komisi Menarik Bagi Agen Penjualan Ruko
newsbox.id BPL Berikan Penawaran Menarik Untuk Para Agent

berita lainnya

Sentra Timur Residence Gelar Akad Kredit Masal Instant Approval
Sentra Timur Residence Gelar Akad Kredit Masal Instant Approval

Jumat, 01 Juni 2018 - 13:40 WIB

Berbagai kemudahan untuk memiliki hunian dilakukan pengembang untuk memikat calon pembeli. Salah satu…

Sentra Timur Residence Arahkan Penghuni Naik Transportasi Massal
Sentra Timur Residence Arahkan Penghuni Naik Transportasi Massal

Kamis, 14 September 2017 - 11:51 WIB

‚ÄúSama seperti pak Jokowi, Sentra Timur Residence juga berharap akan banyak orang yang menggunakan…

Sentra Timur Residence Gandeng Nissan Xtrail Indonesia dan BNN
Sentra Timur Residence Gandeng Nissan Xtrail Indonesia dan BNN

Senin, 10 April 2017 - 19:10 WIB

Sentra Timur Residence sebagai tuan rumah memberikan kesempatan kepada NXI yang menggandeng Badan Narkotika…